Home Blog Kegiatan Sekolah Wujudkan Bangsa Berkarakter Dan Bermartabat Melalui Gerakan Pramuka Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Sidoarjo

Kegiatan Sekolah

Rabu, 14 Agustus 2019

Wujudkan Bangsa Berkarakter dan Bermartabat Melalui Gerakan Pramuka Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Sidoarjo

Kab. Sidoarjo (MTsN 1 Sidoarjo) – Warga Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Sidoarjo (MTsN 1 Sidoarjo) gelar upacara peringatan hari Pramuka, Rabu (14/8) di halaman MTsN 1 Sidoarjo yang diikuti oleh seluruh siswa, guru, dan karyawan dengan memakai seragam pramuka lengkap.

Menurut Zaini Tamam sebagai wakil kepala madrasah dalam pidatonya saat pelaksanaan upacara bahwa pramuka dianggap sebagai wahana pembentukan karakter siswa, karena dalam pramuka siswa dilatih kepemimpinan, kerja sama, solidaritas, mandiri, dan keberanian. Hal ini kiranya sebagai penyeimbang kegiatan pembelajaran dalam kurikulum formal yang lebih berorientasi pada ranah kognitif (pengetahuan) dan psikomotorik (ketrampilan). Kegiatan pramuka ini akan mampu membangun kecerdasan siswa pada ranah afeksi (sikap dan perilaku), sehingga siswa akan mampu mengembangkan karakternya secara positif.

Gerakan Pramuka sebagai penyelenggara pendidikan kepanduan Indonesia yang merupakan bagian pendidikan nasional yang diterapkan dalam satuan pendidikan tingkat SD/MI, SMP/MTs dan SMK/SMA/MA yang bertujuan untuk membina kaum muda dalam mencapai sepenuhnya potensi-potensi spiritual, sosial, intelektual dan fisiknya, agar mereka bisa: (1) membentuk, kepribadian dan akhlak mulia kaum muda; (2) menanamkan semangat kebangsaan, cinta tanah air dan bela negara bagi kaum muda; (3) meningkatkan keterampilan kaum muda sehingga siap menjadi anggota masyarakat yang bermanfaat, patriot dan pejuang yang tangguh, serta menjadi calon pemimpin bangsa yang handal pada masa depan. (zet)