Home Blog Kegiatan Sekolah Screening Kesehatan Anak Madrasah Sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Kesehatan Generasi Muda

Kegiatan Sekolah

Jumat, 8 Maret 2019

Screening Kesehatan Anak Madrasah sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Kesehatan Generasi Muda

Kab. Sidoarjo (MTsN 1) – Kehadiran tim kesehatan Puskesmas Kota Kabupaten Sidoarjo dalam melaksanakan skrining kesehatan anak, Rabu, (17/10) disambut antusias oleh kader kesehatan remaja, guru madrasah, dan petugas kesehatan Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 (MTsN 1) Sidoarjo.

Pelayanan kesehatan merupakan salah satu program pokok Trias UKS. Pelayanan kesehatan yang dimaksud meliputi skrining kesehatan anak atau yang lebih dikenal dengan penjaringan kesehatan, pemantauan kesehatan, serta penyuluhan kesehatan.

Kegiatan pelayanan kesehatan di MTsN 1 Sidoarjo oleh Tim Kesehatan dari Puskesmas Kota Kabupaten Sidoarjo bersama kader kesehatan remaja, guru madrasah, dan petugas kesehatan meliputi penimbangan berat badan, pengukuran tinggi badan, tes warna, tes kesehatan mata, tes kesehatan mulut, dan tes kesehatan telinga pada siswa kelas VII.

Tim kesehatan puskesmas kota juga memberikan tablet tambah darah kepada seluruh siswa putri. Karena siswa putri setiap bulannya mengalami menstruasi yaitu kehilangan darah, untuk itu perlu minum tablet tambah darah seminggu sekali untuk mencegah anemia.

Kepala madrasah, Achmad Saifullah berkata, “Kegiatan ini sangat bagus dan sangat membantu madrasah untuk mendeteksi kesahatan anak sekolah sebagai upaya peningkatan kualitas kesehatan generasi muda. Dan tidak lupa, kami juga mengucapkan terima kasih kepada tim kesehatan dari Puskesmas Kota yang sudah memberikan pelayanan terbaiknya kepada siswa kami.” (Neng_Ima).