Home Blog Kegiatan Sekolah Perkuat Karakter Dan Kepemimpinan, MTsN 1 Sidoarjo Gelar LDKS

Kegiatan Sekolah

Sabtu, 21 September 2019

Perkuat Karakter dan Kepemimpinan, MTsN 1 Sidoarjo Gelar LDKS

Kab. Sidoarjo (MTsN 1) - Dalam rangka peningkatan kualitas siswa dalam menjalankan organisasi di lingkungan madrasah, MTsN 1 Sidoarjo  kembali mengadakan Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa (LDKS) Tahun 2019 yang dilaksanakan di Wisata Desa, Dlanggu, Kabupaten Mojokerto. Kegiatan yang dilaksanakan selama dua hari mulai hari Sabtu (21/09) sampai dengan hari Minggu (22/09) itu diikuti oleh seluruh pengurus OSIS, Pengurus MPK dan seluruh siswa kelas VII.

Kepala MTsN 1 Sidoarjo, Achmad Saifullah dalam sambutannya menyampaikan apresiasi kepada seluruh peserta dan panitia pelaksana yang antusias pada kegiatan LDKS tersebut. Kegiatan LDKS utamanya ditujukan sebagai wadah pengaderan pengurus OSIS agar mendapat bekal utama tentang kepemimpinan dan keorganisasian. "Pada kegiatan LDKS saat ini  materi yang diberikan lebih banyak pada pembinaan karakter dan ibadah. Sebab, dua hal itu yang kita anggap penting karena seorang pemimpin harus memiliki kekuatan spiritual agama. Semoga dengan adanya kegiatan ini, siswa mampu berorganisasi dengan baik, baik di madrasah maupun di luar madrasah," pungkas beliau.

Wakil kepala bidang kesiswaan MTsN 1 Sidoarjo, Ida Puspitorini mengungkapkan bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan madrasah setiap tahunnya sesuai dengan tujuan kegiatan. Kegiatan LDKS ini digelar setiap tahun. Harapannya, melalui kegiatan ini, seluruh peserta dapat aktif dan cakap dalam menjalankan organisasi yang sedang dipimpinnya, serta dapat menyiapkan diri untuk menjadi pemimpin yang visioner paling tidak untuk dirinya sendiri.

Selama LDKS, peserta akan melalui masa penggemblengan mental. Sebab, selama menjadi pengurus OSIS setahun ke depan, mereka harus bisa menjadi teladan bagi teman-temannya.

Ketua OSIS terpilih, Bagus Kurniawan mengatakan, usai mengikuti LDKS dia berharap bisa memperbaiki karakter agar ke depan menjadi anak yang lebih baik. “Semoga OSIS menjadi lebih baik dan berkarakter,” ujarnya.

Menurutnya, kegiatan LDKS sangat bermanfaat. Sebab, ilmu-ilmu tentang keorganisasian tidak didapatkan di dalam kelas. Dia mengatakan, penyelenggaraan LDKS menjadi kesempatan langka untuk mendalami pengetahuan tentang bagaimana cara mengelola organisasi dengan tepat dan benar yang berakhlakul karimah. (MN/Zet)