Home Blog Kegiatan Sekolah MTsN 1 Sidoarjo Gelar Workshop Pembuatan Soal-Soal HOTS Untuk Peningkatan Kompetensi Guru

Kegiatan Sekolah

Jumat, 8 Maret 2019

MTsN 1 Sidoarjo Gelar Workshop Pembuatan Soal-Soal HOTS untuk Peningkatan Kompetensi Guru

Kab. Sidoarjo (MTsN 1) –?? Madrasah?? Tsanawiyah Negeri 1 (MTsN 1) Sidoarjo menggelar acara?? Workshop?? pembuatan soal-soal High Order Thinking Skill (HOTS).?? Kegiatan yang berlangsung selama dua hari ini, Sabtu-Minggu (22-23/9), bertempat di ruang multi media MTsN 1 Sidoarjo.

Kegiatan ini dihadiri oleh?? Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Sidoarjo, Kepala Seksi Pendidikan Madrasah (Kasi Pendma), Ketua Pokjawas Kab. Sidoarjo, dan Kepala Madrasah?? serta seluruh guru MTsN 1 Sidoarjo.?? 

Workshop?? dibuka oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Sidoarjo, Achmad Rofi’i, dan sebagai pemateri adalah Kasi Pendma, Abdul Rohman?? dengan materi?? tentang ‘Kebijakan Pendidikan Madrasah pada Kementerian Agama’?? dan?? pemateri utama oleh?? Makmun Hidayat,?? Widyaiswara?? Balai Diklat Keagamaan Provinsi Jawa Timur tentang ‘Pembuatan soal-soal HOTS yang meliputi materi: Analisis Kompetensi Dasar (KD), kisi-kisi soal, dan karsol; Pengengembangan soal; Penyusunan soal HOTS; dan?? Quiz Creator Application.

Menurut kepala madrasah, Achmad Saifullah bahwa kegiatan?? workshop?? ini adalah untuk peningkatan mutu SDM bagi guru MTsN 1 Sidoarjo yang berdampak pada model pembelajaran di kelas.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Sidoarjo, Achmad Rofi’i berpesan,?? 

  1. Guru harus banyak belajar tentang perkembangan kurikulum dalam dunia pendidikan sebab tantangan dalam pendidikan itu sudah sangat kompleks.
  2. Pembuatan soal HOTS adalah tuntutan dalam dunia pendidikan.?? Guru dituntut sebagai guru yang mampu membuat soal yang bisa menumbuhkan kreativitas guru.
  3. Jadilah pendidik seperti pesan Sayyidini Ali, yaitu ‘Didiklah anakmu karena mereka akan hidup pada zamannya nanti.’
  4. Guru sebagai pendidik harus berpikir?? triple?? (cerdas, kreatif, dan inovatif), guru harus bisa memberikan inovasi yang terbaik.”?? (Neng_Ima).