Home Blog Kegiatan Sekolah Gelar Workshop, MTsN 1 Sidoarjo Perkenalkan Sistem Pembelajaran Berbasis Online Bagi Guru.

Kegiatan Sekolah

Kamis, 22 Agustus 2019

Gelar Workshop, MTsN 1 Sidoarjo Perkenalkan Sistem Pembelajaran Berbasis Online Bagi Guru.

Kabupaten SIdoarjo (MTsN 1) – Menghadapi Revolusi Industri 4.0 dan menyambut masyarakat 5.0, MTsN 1 Sidoarjo menggelar ‘Workshop Pembuatan Soal dan Kelas Pembelajaran Berbasis Online’, Kamis (22/8) di  ruang multimedia. Workshop yang berlangsung sehari ini diikuti oleh para pengajar selingkung MTsN 1 Sidoarjo dan dibuka langsung oleh Kepala MTsN 1 Sidoarjo, Achmad Syaifullah.

Dalam sambutannya, beliau menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan langkah awal MTsN 1 Sidoarjo untuk menerapkan sistem pembelajaran kelas berbasis online. “Tujuan workshop kali ini adalah untuk efisiensi SDM dan dalam rangka peningkatan kualifikasi akademik para pengajar MTsN 1 Sidoarjo. Harapan kami, MTsN 1 Sidoarjo dapat menyelenggarakan proses pembelajaran secara online atau paling tidak pengajar dapat melakukan evaluasi pembelajaran berbasis online,” kata lelaki yang akrab disapa Abah Syaiful itu.

Workshop ini mendatangkan Ketua Prodistik Institut Sepuluh November Surabaya, Dr. Hozairi, S.ST., MT. sebagai narasumber.

Dalam workshop yang pertama ini, Hozairi memaparkan tentang pembuatan soal menggunakan aplikasi dari Google yakni Google Formulir. Menurutnya, Google Formulir diberikan sebagai materi pertama karena aplikasi tersebut sangat mudah digunakan. Sehingga para pengajar tidak akan mengalami kesulitan. “Google Formulir dipilih sebagai materi pertama karena kemudahan dalam penggunaanya, perkenalan saja” ujarnya.

Setelah pengajar dianggap sudah menguasai penggunaan Google Formulir ke depan MTsN 1 Sidoarjo akan menggelar workshop serupa dengan materi dan penggunan aplikasi yang lebih kompleks seperti Schoology dan Massive Open Online Course (MOOC)

“Ini hanya pembuka dari beberapa workshop yang akan dilaksanakan sebagai wujud keseriusan MTsN 1 Sidoarjo dalam menerapkan pembelajaran berbasis online,” tutup Achmad Syaifullah. (MN)