Home Blog Kegiatan Sekolah Dukung Lingkungan Bersih Dan Sehat, MTsN 1 Sidoarjo Luncurkan Gerakan Cinta Lingkungan

Kegiatan Sekolah

Kamis, 12 September 2019

Dukung Lingkungan Bersih dan Sehat, MTsN 1 Sidoarjo Luncurkan Gerakan Cinta Lingkungan

Kabupaten Sidoarjo (MTsN 1) – Lingkungan yang bersih dan sehat mampu menciptakan pikiran, karya dan tindakan yang sehat pula. Komitmen itu berusaha diwujudkan oleh MTsN 1 Sidoarjo dengan meluncurkan gerakan 'Cinta Lingkungan', Rabu (12/9) di Halaman Utama MTsN 1 Sidoarjo. Melalui gerakan cinta lingkungan ini, MTsN 1 Sidoarjo mengajak seluruh siswa dan guru untuk terlibat dalam menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan madrasah.

Koordinator gerakan cinta lingkungan MTsN 1 Sidoarjo, Suhadak, menyebutkan bahwa gerakan ini mengajak siswa dan guru untuk ikut bertanggung jawab terhadap kebersihan dan kesehatan lingkungan madrasah. “Setiap hari secara bergantian ada satu kelas yang akan menggunakan jam pelajaran pertama dan kedua untuk menjadikan lingkungan sekolah sehat dan bersih”

Beliau juga menambahkan bahwa kelas yang mendapat giliran akan dibagi menjadi beberapa kelompok yang masing-masing bertanggungjawab untuk menyapu, menyiram tanaman, dan membersihkan kelas.

Sementara itu ditemui secara terpisah Kepala MTsN 1 Sidoarjo, Achmad saifullah menyebutkan bahwa gerakan ini diluncurkan agar siswa ikut bertanggungjawab terhadap lingkungannya. Terutama di madrasah, agar mereka tidak bergantung pada petugas kebersihan saja.

Menurut Achmad Saifullah, para siswa yang didampingi guru, akan menelusuri lingkungan madrasah kemudian mengangkat setiap sampah yang mereka temukan, merapikan taman hingga menyiram tanaman yang ada di MTsN 1 Sidoarjo. “Siswa tidak melakukan sendiri, tetapi harus didampingi guru, selain untuk memberikan contoh, guru yang mendapingi juga harus memberikan penilaian, berupa penilaian sikap,” kata bapak yang akrab disapa Abah Saiful itu.

Azizah, Siswi kelas VII B yang mendapat giliran pertama mengaku sangat senang dan bangga dengan gerakan yang diciptakan oleh MTsN 1 Sidoarjo itu. Pasalnya, saat ini ia bersama rekan-rekannya bisa memupuk rasa peduli akan kebersihan dan kesehatan lingkungan. “Kami pikir, kami menghabiskan lebih banyak waktu di madrasah, masa kami acuh terhadap kebersihan dan kesehatan lingkungan,” ujarnya.

Dikatakan Azizah, ia pun bersyukur dengan peluncuran gerakan ini. Karena ia menilai dengan bersih dan sehatnya lingkungan membuat banyak hal positif didapatkan. “Jadi sekarang kami lebih berpikir untuk menjaga lingkungan madrasah, semoga gerakan ini membawa MTsN 1 Sidoarjo menjadi percontohan madrasah adiwiyata,” pungkasnya. (MN)