Benar Saja Madrasahku “Madrasah Hebat Bermartabat”

Kab. Sidoarjo (MTsN 1) - Sejatinya pada abad XXI dengan perkembangan teknologi dan informasi yang kian meningkat, menjadikan lembaga pendidikan mengharuskan untuk mengikuti arus perkembangan di era revolusi industri 5.0 ini. Terlebih kesediaan infrastruktur dan fasilitas belajar mengajar sudah memadai. Seluruh sektor pendidikan dituntut untuk megikuti arus perkembangan teknologi, salah satunya di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Sidoarjo (MTsN 1 Sidoarjo). Beragam upaya dilakukan untuk pengembangan madrasah sesuai moto “Madrasah Hebat Bermatabat”. Terkesan sederhana namun memiliki makna yang begitu lugas.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, kata hebat /hèbat/ merupakan bentuk adjektiva (kata yang menjelaskan nomina atau pronomina) yang memiliki arti terlampau, amat sangat (dahsyat, ramai, kuat, seru, bagus, menakutkan, dan sebagainya). Sedangkan bermartabat merupakan bentuk kata kerja dari martabat /martabat/ yang berarti memiliki tingkat harkat kemanusiaan atau harga diri.

Hebat memiliki indikator pada peningkatan kualitas madrasah, baik pada tenaga pendidik dan tenaga kependidikan yang semakin profesional, serta kualitas siswa yang berprestasi baik dalam bidang akademik maupun non akademik. Sedangkan martabat identik dengan pembangunan karakter peserta didik guna menghasilkan siswa yang berakhlakul karimah.

 

Sejalan dengan moto tersebut, MTsN 1 Sidoarjo berupaya untuk memanajemen madrasah sebaik-baiknya menjadikan madrasah benar-benar hebat dan bermartabat. Hal ini didukung penuh oleh kepala madrasah Achmad Saifullah, untuk mengembangkan SDM dan fasilitas. Beliau memberikan banyak kesempatan untuk tenaga pendidik mengintegrasikan ilmu dengan perkembangan teknologi saat ini.  Apalagi dari sisi teknologi, jika dibandingkan dulu dimana guru harus mengajar dengan metode konservatif, sebut saja papan tulis, kapur, buku-buku pelajaran yang tebal. Namun kini dengan kehadiran teknologi seperti komputer, proyektor, dan internet dirasanya sangat efektif dalam kegiatan belajar mengajar. 

Menuju madrasah hebat tidak hanya tercermin dari bangunan fisik saja melainkan juga hebat pada siswa dan lulusan madrasah, hebat dalam gurunya mengajar, hebat dalam menyalurkan ilmunya ke masyarakat, hebat prestasi, hebat kualitas siswa serta hebat dalam tata kelola kelembagaan madrasah. Upaya inovasi pengembangan SDM tenaga pendidik dan tenaga kependidikan selalu difasilitasi untuk meningkatkan mutu pelayanan pendidikan pada MTsN 1 Sidoarjo. Seperti kegiatan yang baru ini dilakukan Pencegahan Kekerasan di Tingkat Sekolah melalui Kampanye Berlian (Bersama Lindungi Anak) yang bekerja sama dengan DP3AKB Kabupaten Sidoarjo, Parenting Education bersama tim The Naff, Strategi Mengembangkan Pendidikan Berbasis Literasi bersama 1.500 guru Indonesia melalui webinar, Gerakan Siswa Menulis Buku Nasional  (GSMB Nasional) bersama Nyalanesia serta banyak kegiatan lainnya.

 

Kepala madrasah Achmad Saifullah mengatakan moto pendidikan madrasah “Madrasah Hebat Bermartabat” yang ada di MTsN 1 Sidoarjo meliputi pencapaian kualitas terbaik kesemua komponen madrasah dengan menggunakan cara yang jujur, berakhlakul karimah, dan sesuai dengan norma keislaman. Erat kaitannya dengan 5 prinsip kerja, yaitu kerja keras, kerja tuntas, kerja cerdas, kerja berkualitas dan kerja ikhlas. (senja)