Pramuka Membentuk Jiwa Bertaqwa, Disiplin, Tanggung Jawab, dan Mandiri.

Kab. Sidoarjo (MTsN 1 Sidoarjo) – Pelaksanaan upacara peringatan hari Pramuka, Selasa, (14/8) di halaman utama Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Sidoarjo (MTsN) yang diikuti oleh seluruh siswa, guru, dan karyawan berlangsung dengan sangat khidmat.

Saat ini pemerintah kembali menegakkan kegiatan Praja Muda Karana (Pramuka) sebagai aktivitas wajib yang harus diselenggarakan oleh sekolah baik dari jenjang SD, SMP hingga SMA. Dan hari ini pelaksanaan hari pramuka mewajibkan siswa dan guru untuk menggunakan seragam pramuka.

Menurut kepala madrasah, Achmad Saifullah di dalam pidatonya saat pelaksanaan upacara bahwa kegiatan pramuka sangatlah penting dan harus dilestarikan, sebab banyak nilai-nilai yang terkandung dalam kegiatan pramuka, di antaranya adalah:

1. Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa

     Dengan mengamalkan dasa dharma dengan sungguh-sungguh, maka semua akan menjadi orang yang bertaqwa kepada Tuhan;

2.  Melatih kedisiplinan

Dalam kegiatan pramuka semua hal biasanya diatur dengan jadwal dan tata tertib yang harus dipatuhi oleh seluruh anggota, semua kegiatan harus dilakukan dengan tepat waktu;

3.  Tanggung jawab

Saat mengikuti kegiatan pramuka, anggota pramuka dituntut untuk bisa mengambil keputusan dalam hal apa pun dan bertanggung jawab dengan keputusannya tersebut.

4.  Menjadi pribadi yang lebih mandiri

            Dalam kegiatan pramuka, semua anggota dituntut mampu mengurus semua kebutuhannya sendiri tanpa dibantu oleh orang tua. Dengan belajar mandiri akan membentuk karakter anggota pramuka menjadi lebih baik dibandingkan dengan anak lain yang biasa dilayani. (Neng_I