Home Blog Kegiatan Sekolah Peringati Satu Muharram, MTsN 1 Sidoarjo Gelar Istighosah Sampai Doa Bersama

Kegiatan Sekolah

Minggu, 1 September 2019

Peringati Satu Muharram, MTsN 1 Sidoarjo Gelar Istighosah sampai Doa Bersama

Kabupaten Sidoarjo (MTsN 1) - MTsN 1 Sidoarjo memperingati Tahun Baru Islam 1 Muharram 1441 Hijriah/2019 Masehi. Sabtu, (31/8) di halaman utama MTsN 1 Sidoarjo. Kegiatan itu diisi dengan salat asar berjamaah, zikir, istighosah, doa akhir tahun, salat maghrib berjamaah, doa awal tahun, tausiah kemudian ditutup dengan salat isyak berjamaah.

Sebelum acara berlangsung, kegiatan ini terlebih dahulu dibuka dengan berbagai kreativitas dan seni siswa-siswi MTsN 1 Sidoarjo. Seperti pementasan drama dengan cerita penentuan Tahun Hijjriah oleh Sahabat Umar bin Khattab, Sholawat serta kuis dari kepala madrasah bagi dua siswi penghafal 27 juzz Al Quran dan siswa-siswi lainnya.

Dalam sambutannya, kepala MTsN 1 Sidoarjo, Achmad Syaifullah mengucapkan selamat menyambut datangnya bulan Muharram. Beliau mengimbau kepada guru, karyawan dan siswa untuk memaknai pergantian Tahun Baru Islam sebagai wahana evaluasi dan instrospeksi diri dalam melaksanakan tugas dan kewajiban kepada Allah SWT.

“Mari kita evaluasi hubungan kita dengan Allah SWT, sesama manusia maupun hubungan kita dengan makhluk Allah lainnya. Serta sejauh mana manfaat diri kita bagi masyarakat banyak,” ungkap Achmad Syaifullah

Kegiatan dengan tema Berhijrah Menuju Pribadi yang Bertaqwa dan Berakhlaqul Karimah ini, Abah syaiful, sapaan akrab Achmad Syaifullah juga berpesan agar menjauhi perilaku Hoax dan harus bijak menggunakan kecanggihan teknologi. Menurutnya, Hoax merupakan perilaku yang bisa saja memudahkan seseorang dimasukkan ke dalam neraka. “Jika dulu mulutmu harimaumu maka sekarang berubah menjadi jarimu nerakamu,” kata beliau dalam sambutan pembukaan acara.

Sementara itu, ditemui terpisah Chairul Anam, Ketua Peringatan 1 Muharram 1441 Hijriah MTsN 1 Sidoarjo mengungkapkan bahwa kegiatan ini dikemas sedemikian rupa agar menjadi sarana kontemplasi keluarga besar MTsN 1 Sidoarjo bahwa pergantian tahun mengartikan pertambahan usia dan pengurangan kontrak hidup di dunia. “Kami desain kegiatan peringatan 1 Muharram kali ini dengan maksud agar kita semakin taat kepada Allah SWT. Ingat mati.” tandasnya.

Turut hadir pula pada kegiatan ini Ustaz Khoirul Mukhlis sebagai penceramah pergantian Tahun Baru Hijriah, dalam tausiahnya beliau berpesan kepada seluruh keluarga besar MTsN 1 Sidoarjo agar terus meningkatkan ketaqwaan kepada Allah SWT, “Ini zaman jahilnya melebihi zaman Jahiliyah. Maka terus berdoa dan meningkatkan ketaqwaan kepada Allah SWT agar kita tidak termasuk golongan yang jahil itu,” kata Ustad yang humoris itu. (MN).